JENIS SAMPAH RUMAH TANGGA

Sampah Rumah Tangga
JEJAKBELANTARA - Pernahkan terlintas dibenak kita bahwa dari setiap manusia yang ada dipermukaan bumi ini pasti menghasilkan sampah...? Pernahkah kita berfikir bahwa ternyata sampah yang kita hasilkan setiap hari itu membawa dampak yang besar terhadap kwalitas lingkungan hidup disekitarmu...? 

Sampah merupakan sebuah konsekuensi logis dari segala aktivitas kehidupan manusia, yaitu sebuah kepastian dimana manusia pasti menghasilkan sampah, baik itu dalam skala besar maupun dalam skala kecil. Dalam hal ini maka contoh yang paling bisa kita lihat adalah sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga. Sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga ini, tentu saja sesuai dengan banyak atau sedikitnya tingkat konsumsi yang dilakukan oleh rumah tangga tersebut, pun ini berbanding lurus dengan gaya dan pola hidup yang dianut oleh rumah tangga tersebut (manusianya). 

Definisi Sampah
Pengertian atau definisi sampah menurut para ahli ekologi adalah "segala sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya, bersifat padat, ada yang mudah membusuk terutama yang tersusun dari zat-zat organik (sayuran, sisa daging, daun dan lain sebagainya), sedangkan yang tidak dapat membusuk, biasanya zat-zat anorganik (kertas, karet, logam, plastik, kaca dan lain sebagainya).  

Sementara pengertian sampah menurut UU No. 18 Tahun 2008 adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau proses alam yang berbentuk padat. Yang termasuk jenis sampah adalah sampah rumah tangga (tidak termasuk tinja), sampah sejenis rumah tangga yang berasal dari kawasan komersial, kawasan industri, kawasan khusus, fasilitas sosial, fasilitas umum dan fasilitas lainnya serta sampah spesifik. Dan yang terakhir adalah, sampah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun dan atau limbah bahan berbahaya serta beracun, sampah yang timbul akibat bencana, puing bongkaran bangunan, sampah secara teknologi belum dapat diolah, dan sampah yang timbul tidak secara tidak periodik.

Maka, menurut Widyadmoko (2002), sampah menurut kelompoknya maka dapat dibagi dalam jenisnya, anatara lain:Jenis Sampah Rumah Tangga
  • Sampah basah atau sampah yang terdiri dari bahan-bahan organik yang mudah membusuk dimana sebagian besar sampah ini berasal dari sisa-sisa makanan, potongan hewan, dan lain-lain sebagainya. 
  • Sampah kering yaitu sampah yang terdiri dari logam seperti besi tua, kaleng bekas, dan sampah kering non logam, misalnya kertas, kaca, keramik, batu-batuan, dan sisa kain.
  • Sampah lembut, misalnya debu yang berasal dari penyapuan lantai rumah, gedung dan penggergajian kayu.
  • Sampah besar, sampah yang berasal dari bangunan rumah tangga yang besar, seperti meja, kursi, kulkas, radio dan peralatan lain sebagai pendukung rumah tangga.
Sampah Rumah Tanga
Dilihat dari jenis-jenis sampah diatas, kita harusnya sudah bisa memperlakukan sampah dengan baik, artinya kita harus bisa memisahkan dan mengumpulkan sampah tersebut agar tidak tercampur nantinya ketika akan dibuang oleh kita, tentu saja ini akan sangat memudahkan bagi para petugas sampah nantinya, dan juga akan sangat memudahkan petugas dalam hal pengelolaan sampah bekas rumah tangga ini.


Memang budaya memisahkan sampah ini belum terbangun dengan baik, masih sangat rendah, Terbukti masih banyak  dengan pengelolaan sampah rumah tangga yang masih membuang sampahnya dengan dicampur (tidak dipisahkan sesuai jenisnya). Jangankan untuk memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, budaya membuang sampah pada tempatnya saja kita masih sangat rendah. Mulai sekarang, sadarlah, bahwa lingkungan hidup kita yang nyaman berawal dari rumahmu dan lingkungan tempat tinggalmu sendiri, diawali dengan mengelola sampah rumah tanggamu dengan baik, maka sedikitnya memberikan kontribusi kepada lingkungan hidup sekitarmu, dan membuang sampah pada tempatmu, akan membawamu kepada kebiasaan untuk merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

1 comment

Terimakasih, sangat membantu, coba cari tahu juga nih 4 Cara Cek Tagihan Listrik