DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan Hidup
JEJAKBELANTARA -  kita acap kali mendengar kata "lingkungan hidup", membaca kata "lingkungan hidup", tapi apakah kita sesungguhnya mengerti apa itu definisi dari "lingkungan hidup" itu sendiri...?, mari kita kupas.......!!!

Lingkungan hidup menjadi sebuah kajian ilmu pengetahuan, diawali dari seorang ilmuwan ahli biologi ternama asal Jerman yaitu Ernest Heinrich Philipp August Haeckel atau lebih dikenal dengan nama Ernst Haeckel (19 Februari 1834 - 9 Agustus 1919), selain ahli dibidang ilmu biologi beliau juga seorang naturalis, filsuf, dokter, profesor dan seniman. Beliaulah orang pertama yang memperkenalkan dan menggunakan istilah "ekologi" pertama kali. Istilah "ekologi", berasal dari bahasa Yunani, yang berarti "Oikos" dan "Logos"Oikos berarti rumah, sementara Logos berarti ilmu. Berawal dari "konsep ekologi", yang diperkenalkan oleh Ernest Haeckel itulah, maka banyak mendorong para ahli untuk semakin mempelajari ekologi/lingkungan hidup.     

Bumi 
Definisi Lingkungan Hidup Menurut Undang-Undang Dan Para Ahli
A. Lingkungan Hidup Menurut Undang-undang
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang tercantum dalam Bab I Ketentuan Umum, bahwa yang dimaksude dengan Lingkungan Hidup adalah:
  • kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.
B. Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli
a. Emil Salim 
  • Lingkungan hidup diartikan sebagai benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia. Definisi lingkungan hidup menurut Emil Salim dapat dikatakan cukup luas. Apabila batasan tersebut disederhanakan, ruang lingkungan hidup dibatasi oleh faktor-faktor yang dapat dijangkau manusia, misalnya faktor alam, politik, ekonomi dan sosial. 
b. Soedjono 
  • lingkungan hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Pengertian ini menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan dilihat dan dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani. Menurut definisi Soedjono, lingkungan hidup mencakup lingkungan hidup manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya. 
c. Munadjat Danusaputro 
  • Lingkungan hidup adalah semua benda dan daya serta kondisi termasuk didalamnya manusia dan tingkah perbuatannya yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup yang lain. dengan demikian, lingkungan hidup mencakup dua lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan budaya. 
d. Otto Soemarwoto 
  • Otto Soemarwoto berpendapat bahwa lingkungan hidup merupakan semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita. Menurut batasan tersebut secara teoritis ruang yang dimaksud tidka terbatas jumlahnya. Adapun secara praktis ruang yang dimaksud selalu dibatasi menurut kebutuhan yang dapat ditentukan. 
e. Sambas Wirakusumah 
  • Lingkungan merupakan semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkunga menjadi studi aspek lingkungan organisme itu. 

Demikianlah sekelumit penjelasan tengtang pengertian lingkungan hidup, baik itu arti yang dikemukan oleh para pakar ahli lingkungan hidup maupun pengertian yang tercantum dalam UU No. Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Bahwa kita hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik, tentu saja didukung oleh lingkungan hidup yang baik, oleh sebab itu sepatutnya kita menjaga lingkungan hidup kita dengan baik, merawatnya dengan baik. Tanpa lingkungan hidup yang baik, kita tidak mungkin bisa hidup dengan nyaman.  

1 comment

Membantu seklai artielnya, coba dibaca ya Cara mudah daftar BPJS