MANFAAT AIR UNTUK KEHIDUPAN

Mata Air
JEJAKBELANTARA - Air yang dalam rumus kimia dikenal dengan rumus molekul H2O yang tersusun dari dua molekul hydrogen yang tersusun pada satu pada atom oksigen (sumber wikipedia), adalah salah satu elemen terpenting pendukung keberlangsungan kehidupan yang ada dipermukaan bumi, khususnya untuk manusia itu sendiri, tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup dengan baik. Air adalah senyawa kimia yang mempunyai sifat dasar tidak berasa dan tidak berbau, dalam keadaan tertentu, akan terasa lebih berbeda ketika senyawa air ini dilarutkan dengan senyawa kimia lainnya, seperti gula dan garam. 


"faktanya adalah bahwa akumulasi dari 3% air segar yang ada, 69% adalah air yang tidak bisa langsung dikonsumsi oleh kita, air ini membeku dan berada dikutub belahan bumi, sementara sisanya sekitar 31% ini berada didalam tanah dan permukaan bumi (danau, sungai, waduk dsbnya)"

Air, sejauh ini hanya bisa ditemukan dalam jumlah yang cukup di planet bumi, dan tidak ditemukan di planet bagian lainnya. Hampir dari seluruh permukaan bumi dengan luas total bumi 510.100.000 km², dimana (361.132.000 km²) 70,8% adalah perairan (air) dan sisanya lagi adalah daratan (148.940.000 km²29,2%. Air yang luasnya menempati hampir 3/4  dari jumlah total luas bumi ini adalah bagian terpenting dari sebuah siklus ekosistem kehidupan yang ada dibumi. Air yang berada didaratan ini, baik yang nampak dipermukaan tanah maupun yang tersimpan didalam tanah ini adalah hasil dari siklus hidrologi air. Kita tahu bahwa air yang terbanyak  adalah air yang berada dilautan adalah jenis air yang tidak bisa secara langsung dikonsumsi oleh manusia. Air yang terdapat didaratan ini, baik yang nampak di permukaan tanah maupun didalam tanah, berasal dari air yang berada dilautan (air asin) yang berubah menjadi air tawar, tentu saja air ini terlebih dahulu mengalami proses yang tidak mudah, sehingga dari proses inilah, air yang tadinya asin berubah menjadi tawar sehingga air bisa langsung dikonsumsi oleh manusia maupun elemen makhluk hidup lainnya yang ada di bumi. 

"tanpa air, manusia tidak akan bertahan hidup lebih dari 4-5 hari, tanpa air niscaya semua makhluk hidup dibumi tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik"

Air mengambil peranan yang cukup penting untuk kehidupan, pendukung kehidupan setelah udara, tanah dan api, dimana air adalah pangkal dari semua pangkal kehidupan. Tidak dapat dipungkiri bahwa air adalah senyawa pendukung tumbuh kembang semua makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini, manusia, hewan tumbuhan sampai kepada bakteri yang tidak terlihat sekalipun oleh mata. Kita tahu bahwa air yang digunakan oleh kebanyakan mahluk hidup dipermukaan bumi adalah jenis air tawar. Air tawar ini, kira-kira "dalam asumsi prosentase" jumlahnya tidaklah banyak seperti jumlah air asin yang ada dilautan. Dalam asumsi prosentase, air asin ini kira-kira berkisar sekitar 97% dan air tawar berkisar 3% saja. Bisa kita bayangkan air tawar yang hanya berkisar sekitar 3% ini dikonsumsi setiap hari oleh sekitar kurang lebih 7.324.782.225 manusia yang ada saat ini.    
Air Yang Melimpah

Peranan air dalam kehidupan
Tentu saja air adalah sumber daya alam yang terbarukan tetapi kita manusia tidak bisa memproduksi air itu sendiri seperti alam memproduksinya. Ya kita tau, bahwa teknologi yang ada sekarang sudah bisa merubah air laut 'air asin' sudah bisa dirubah menjadi air tawar, merubah air kotor atau limbah menjadi air tawar yang kemudian bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia. Tetapi perlu diingat bahwa infrastruktur teknlogi itu sangatlah mahal. 

"dan kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan kami turunkan hujan dari langit, lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya (al-hijr:22)"


Manusia, tidak bisa hidup tanpa air kurang lebih 5 hari. Kita juga tau bahwa tubuh manusia mengandung 55% sampai dengan 78%. Air yang ada didalam tubuhnya adalah senyawa yang menunjang sistem metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia, tentu saja prosentase ini tergantung dengan postur tubuh manusia itu sendiri, maka sudah sangat jelas bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa ditunjang oleh air. Sama seperti manusia, hewan juga terdiri dari tiga seperlima tubuhnya mengandung dan membutuhkan air. Pun dengan tumbuhan, juga sangat memerlukan air sebagai pendukung metabolisme tubuhnya. Air adalah pelarut semua senyawa yang ada didalam tanah, tentu saja semua unsur hara yang ada ditanah ini dilarutkan terlebih dahulu sebelum diserap sepenuhnya oleh akar sebagai penunjang kegiatan fotosintesa dari tumbuhan tersebut.            

Air tawar yang hanya 3% ini tentu saja membutuhkan pengelolaan yang baik dalam penggunaan maupun pemanfaatannya. Hampir semua aspek kehidupan manusia memerlukan kehadiran air, baik untuk konsumsi secara pribadi maupun konsumsi air secara masal. Air bukan saja digunakan oleh manusia untuk keperluan bertahan hidup saja, tetapi air bisa digunakan untuk keperluan produksi disektor industri, sektor pertanian, sektor perkebunan, sektor hiburan/rekreasi sampai kepada sektor keamaan untuk menanggulangi kebakaran. Tentu saja air yang diperlukan adalah air yang memenuhi standart yang baik yang bisa dikonsumsi oleh semua mahkluk hidup. Air yang tidak tercemar oleh limbah-limbah yang mengandung zat-zat berbahaya bagi tumbuh kembang mahluk hidup.              

Hari Air Dunia
World Day Of Water 'Hari Air Sedunia' adalah sebuah gerakan yang ditunjukkan kepada publik 'kampaye' tentang betapa pentingnya menjaga, melestarikan, tentang penggunaan dan pemanfaatan air dengan bijak. Perayaan hari air sedunia ini diperingati setiap tanggal 22 Maret. Peingatan ini diumumkan oleh PBB pada Sidang PBB Umum ke-47 pada tanggal 22 Desember 1992. Dan dari dasar Sidang Umum PBB itulah maka tanggal 22 Maret ditetapkan sebagai 'Hari Air Sedunia'. Apa sebenarnya makna dibalik perlunya diadakan peringatan hari air sedunia....? Peringatan 'Hari Air Sedunia' adalah bentuk kepedulian agar semua manusia berkomitmen terhadap pentingnya air bersih bagi kehidupan dan ajakan untuk lebih peduli terhadap pengelolaan berkelanjutan terhadap persoalan-persoalan mengenai sumber daya air. 

"World Day Of Water, adalah gerakan kepedulian terhadap berbagai isu-isu pemberdayaan air, baik itu dibidang konservasi, penggunaan maupun pemanfaatan air itu sendiri. Setiap tahun perayaan hari air sedunia ini mempunyai visi dan misi tersendiri dibarengi dengan logo-logo yang berbeda setiap tahunnya"

Peringatan Hari Air Dunia ini adalah momentum bagi kita semua agar kita semua mempunyai komitmen kesadaran akan pentingnya menggunakan, memanfaatkan, menjaga, serta melestarikan air dengan sebaik mungkin. Dengan harapan, bahwa ketika peringatan hari air sedunia ini diperingati akan selalu memberikan dorongan-dorongan terhadap kegiatan konservasi air agar air bisa dikendalikan dari upaya-upaya yang tidak terkontrol sehingga dapat merusak kualitas air itu sendiri. Dari wacana inilah mudah-mudahan kita akan sadar sesadarnya bahwa kita tidak bisa hidup tanpa air sedikitpun.    

No comments