MANFAAT POHON UNTUK KEHIDUPAN

Pohon Untuk Kehidupan
JEJAKBELANTARA - Pohon membawa banyak manfaat untuk manusia dan hewan. Pohon memberikan keteduhan untuk berbagai jenis mahluk hidup yang tumbuh dan berkembang dibawah perindungan pohon. Seperti yang bisa kita lihat dalam siklus ekosistem hutan. Ada begitu banyak jenis-jenis pohon yang tumbuh didalam hutan, yang memberikan manfaat kepada hewan-hewan yang hidup didalam hutan dan sangat menggantungkan hidupnya kepada pohon. Tentu saja, masing-masing memberikan manfaat yang baik dari sebuah proses hubungan 'simbiosis' yang baik, diantara kedua organisme berbeda yang saling berinteraksi tersebut. Kita bisa melihat hubungan timbal balik ini antara pohon dengan burung atau antara pohon dengan kupu-kupu. Contoh kecil hubungan harmonis diantara kedua yang saling menguntungkan. Begitu pun seharusnya hubungan itu terjalin dengan harmonis, antara pohon dengan manusia. Pohon memberikan banyak manfaat kepada manusia, meberikan oksigen disetiap harinya, meyerap karbon dioksida setiap hari, memberikan cadangan air yang disimpan oleh akar, tetapi apa yang kita lihat dan terjadi kepada pohon atas semua perilaku manusia yang seolah-olah lupa pada kebaikan pohon itu sendiri...?. Faktanya pohon belum mendapatkan tempat yang layak untuk bisa hidup dengan nyaman. Penebangan hutan secara masif dan massal yang sering terjadi akhir-akhir ini masih saja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mementingkan keuntungan ekonomi yang besar dengan tidak mengindahkan kerugian yang besar pula yang akan menipa ekosistem dan kelestarian lingkungan. Satwa yang sudah tidak mempunyai 'rumah' untuk tumbuh dan berkembang biak, ekosistem yang rusak, banjir dimana-mana, karena akar pohon tidak bisa lagi menyerap air hujan yang berlimpah.

'pohon mempunyai hak dan tempat yang sama dengan mahkluk  lainnya untuk tetap bisa hidup dengan baik dibumi, memberikan begitu banyak manfaat yang membuat manusia bisa bertahan serta hidup dibumi dengan nyaman'

Pohon 'tree' atau bernama lain 'pokok' adalah tumbuhan yang terdiri dari batang, serta cabang yang terbentuk dari kayu. Pohon ini memiliki batang utama sehingga pohon bisa tumbuh dengan tegak, menopang tajuk utama pohon. Tentu saja kita bisa dengan mudah membedakan antara pohon dengan tumbuhan semak, diantaranya kita bisa kita mengamati dari perbedaan penampilan fisiknya. Bagian pohon yang biasa kita sebut kayu itu, sebenarnya terdiri dari dua jaringan utama sehingga bisa terbentuk menjadi kayu. jaringan pertama adalah pembuluh kayu atau biasa disebut 'xylem', jaringan pembuluh inilah yang mebuat kayu pada  kayu pohon. Jaringan xylem pada kayu terbentuk oleh sel-sel yang telah mati, dengan bentuk memanjang seperti sebuah saluran yang saling berhubungan dan menyatu antara satu dengan yang lainnya, yang berguna untuk mengangkut air, dan berbagai unsur zat-zat hara yang diserap oleh akar untuk kemudian diantarkan menuju daun, dan tentu saja sebagai penguat jaringan penguat. Dan jaringan yang kedua adalah jaringan pembuluh tapis atau biasa disebut dengan 'floem'. Jaringan ini sangat kompleks tentu saja jaringan ini terdiri dari sel-sel yang hidup dan yang sudah mati, mempunyai selulosa. Dan fungsi jaringan floem ini adalah untuk mengangkut dan mendistribusikan zat-zat makanan hasil dari proses fotosintesis dari daun keseluruh bagian-bagian tumbuh-tumbuhan.

"menurut data statistik Kemenhut, mununjukkan bahwa hutan di Indonesia mencapai 9.96 juta hektar atau sekita 52,3% dari jumlah total luas wilayah Indonesia. Dan pada kenyataanya Hutan Indonesia dari tahun-ketahun mengalami penyusutan luas akibat dari pengalih fungsian hutan menjadi perkebunan sawit serta pembalakan hutan"

Manfaat Pohon
Manfaat Pohon
Kalau kita renungkan tentang pohon, maka kita akan sedikit mengingat bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu tanpa kesia-siaan, sejatinya pohon diciptakan oleh Tuhan bukan tanpa manfaat, asal ada dan asal tumbuh. Pohon bukanlah mahkluk hidup yang hanya dijadikan objek pemanfaatan manusia tanpa pernah manusia itu melestarikan dan menjaga keberadaan pohon itu sendiri. Indonesia adalah negara ketiga yang mempunyai hutan tropis terluas setelah Brazil dan Kongo. Hutan wilayah dimana tempat pohon berkumpul dengan jumlah pohon yang tumbuh sangatlah tidak sedikit. Indonesia dikenal sebagai paru-parunya dunia, tentu saja julukan ini ada bukan tanpa sebab, Indonesia mempunyai luas hutan yang cukup luas, hampir kurang lebih 52,3% dari jumlah total luas wilayah yang masuk kedalam jumlah total luas wilayah Indonesia. Tapi kenyataan ini semakin menyedihkan, Indonesia menghadapi kenyataan, dimana luas wilayah hutan semakin berkurang, dengan pengalihan fungsi hutan dan pembalakan liar yang tidak bisa dikontrol.


"Tahukah anda bahwa ternyata pohon dapat memproduksi oksigen kira-kira 1,2 kg perharinya. Setiap orang memerlukan oksigen kurang lebih 0,5 kg perharinya, so, 1 (satu) pohon berarti mampu menunjang kehidupan 2 (dua) orang manusia dan sadarkah anda bahwa ketika anda menebang pohon yang berada disekitar lingkungan rumah anda, hutan, taman kota dimanapun letak pohon tersebut berarti anda telah menghilangkan persedian oksigen untuk 2 orang sekaligus, dan itu dapat diartikan anda telah membunuh dua orang sekaligus".

Tanpa kita sadari sesungguhnya manusia sangat menggantungkan hidupnya kepada keberadaan pohon, begitupun sebaliknya, pohon menggantungkan hidupnya kepada manusia. Pohon adalah benteng atau tanggul penahan laju air ketika hujan sedang tinggi, pohon juga mempunyai 'spon' yang berfungsi sebagai penyerap air berlebih yang lebih dikenal dengan akar. Pohon juga mempunya 'vacum' untuk menghirup karbondioksida, senyawa kimia yang dibutuhkan oleh pohon untuk memproduksi oksigen yang dia keluarkan dari hasil fotosintesanya. Sehingga udara yang kita hirup selalu segar dan bersih. Udara yang bersih itulah hasil dari kebaikan pohon memproduksi oksigen. Pun keberadaan pohon mendangkan kesuburan tanah, air yang ditampung oleh akar, berfungsi menjaga kelembaban tanah dipermukaan. Segudang manfaat yang diberikan pohon untuk manusia dengan tujuan agar manusia bisa hidup dengan nyaman dan sejahtera di bumi.

"tidak ada seorang muslim yang menanam pohon atau tanaman (bertani), kemudian ada burung, manusia atau binatang ternak memakannya, kecuali baginya itu adalah sedekah (HR. Al-Bukhari)"

"dalam Surah Yasin 36:80, yang menyebutkan pohon yang hijau yang dimanfaatkan untuk kayu bakar, dan dalam surah ibrahim 14:24, yang menjadikan pohon sebagai perumpamaan kalimat yang baik (kalimat thayyibah)"

Jangan Lupakan Kebaikan Pohon
Setiap tahun, kita selalu memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 November. Perayaan ini tentu bukan tanpa maksud, perayaan yang setiap tahunnya mempunyai tema berbeda ini adalah gerkan untuk mengkampayekan isu-isu tentang pohon dan kelestarian konservasi pohon. Dalam perayaan ini pun selalu mangajak kepada kita untuk bisa merenungkan semua kebaikan pohon kepada kita. Lihat semua kebutuhan hidupmu sudah dipenuhi oleh pohon, lemari bajumu pun dibuat dari kayu, kursimu, mejamu, tempat tidurmu, semuanya hasil dari pohon yang diambil kayunya oleh kita.


Semua agama pasti selalu mengajarkan kepada pemeluknya untuk menjaga kelestarian alam, menjaga hubungan harmonis dengan alam, bukankah begitu adanya...? agama tidak melulu mengajarkan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, tetapi Tuhan juga mengajarkan hubungan manusia dengan alam. Maka kemulian orang beragama selain menjada hubungan dengan Tuhan, manusia, dan tentu saja hubunganmu dengan alam. Ubahlah paradigmamu, bahwa setiap perilaku burukmu terhadap alam akan dimintai pertanggung jawaban oleh Tuhanmu. Menjaga, memanfatkan, melestarikan pohon adalah salah satu bentuk amaliyah ibadahmu terhadap alam. Maka dari ketika aspek itu kita akan menjadi seorang pemeluk agama yang paripurna. Dengan begitu kita tidak akan pernah melupakan kebaikan yang pohon berikan kepada kita.       

No comments