MANFAAT OKSIGEN UNTUK KEHIDUPAN

Source: pixabay.com
JEJAKBELANTARA - Ada yang bilang bahwa udara adalah salah satu elemen hidup terpenting yang dibutuhkan manusia selain dari tiga unsur pendukung lainnya seperti, air, tanah dan api. Tentu saja ini bukan merujuk pada film 'Avatar: the Legend Of Ang' yang diproduksi oleh Paramount Pictures dan Nickelodeon Movies yang telah rilis ditahun 2010 kemaren. Tapi, jauh sebelum adanya film tersebut, para filsuf Yunani sudah menyakini bahwa udara adalah salah satu unsur elemen dimana seluruh alam bergantung hidup kepadanya (udara). Tentu saja perspektif ini lahir berdasarkan hasil pemikiran yang terbatas pada masa dan zamannya.

Terlepas dari itu semua tentu saja, kenyataannya adalah manusia tidak pernah bisa hidup dari peran udara sebagai salah satu sumber penopang kehidupan kita. Udara dalam hal ini adalah oksigen yang merupakan bagian dari udara itu sendiri adalah salah satu senyawa yang menjadi penopang agar manusia bisa hidup di bumi. Tanpa oksigen manusia tidak akan bisa hidup kurang lebih 1 sampai 4 menit. Oleh sebab itulah oksigen (udara) menjadi bagian dari 4 elemen penting selain, air, tanah, dan api yang menopang hidup manusia di bumi.

Source: pixabay.com
Oksigen Bagian Dari Udara
Udara yang ada sekarang ini, yang menyelimuti bumi tersusun dari unsur-unsur yang terdiri dari berbagai macam gas seperti zat lemas (N2) sekitar 28%, zat asam (O2) sekitar 21%, zat argon (Ar) sekitar 0,9%, asam arang (CO2) sekitar 0,03%, dan unsur-unsur lain yang melingkupinya seperti, krypton, neon, xenon, hydrogen serta kalium (wikipedia). Lantas udara jenis apa yang dibutuhkan manusia untuk bisa hidup dibumi...?

Udara mempunyai sifat dasarnya tidak berbau dan tidak berasa, sama seperti air (tidak berasa dan tidak berbau), udara akan terasa berbau ketika udara bercampur dengan senyawa gas lainnya. Kita akan bisa merasakan keberadaan udara atau kehadiran udara ketika angin menerpanya. Udara yang biasa kita hirup melalui organ-organ pernapasan itu adalah oksigen, dimana oksigen adalah bagian dari udara kering.

Oksigen yang menyelimuti bumi ini adalah bagian dari lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Atmosfer ini terdiri dari beberapa unsur senyawa antara lain, nitrogen (78.17%), Oksigen (20,97%), dan unsur-unsur lainnya yang menjadi bagian dari atmosfer itu senidiri. Dari sini kita bisa tahu bahwa oksigen menjadi unsur senyawa terbesar kedua setelah nitrogen dan menjadi bukti bahwa oksigen adalah salah satu unsur terpenting pendukung hidup manusia.

"bernafas sudah bisa anda lakukan secara otomatis tanpa pernah anda belajar terlebih dahulu, bernafas sudah sejak awal kita lakukan sewaktu masih didalam rahim ibu, tentu saja sang ibulah yang menyuplai oksigen kepada sang janin"

Bernafaslah dan nikmati oksigennya
Bahwa manusia mempunyai kegiatan menghirup udara (oksigen) yang biasa disebut dengan bernafas. Kegiatan bernafas ini tidak serta merta kita jadwal disetiap harinya, bernafas sudah secara otomatis dilakukan ketika kita berada dalam rahim ibu kita, bernafasnya janin tentu saja bukan menggunakan paru-paru seperti bayi yang sudah keluar dari rahim ibunya (artinya paru-paru belum sepenuhnya bekerja secara optimal dan maksimal), tetapi sang ibu menyuplai oksigen kepada janin agar janin bisa bernafas. Ada dua urat besar yang menjadi penghubung sang ibu dengan janin, satu urat berfunsi untuk menyuplai nutrisi (gizi yang diperlukan si bayi) dan satu urat lainnya berfungsi sebagai penyuplai pergantian oksigen dan gas-gas buangan lainnya. Itu pun sudah secara otomatis dilakukan tanpa pernah si ibu dan si janin diajari cara bernafas, Tuhan sudah memberikan tekhnik dan cara bernafas secara alamiah.

Mungkin sudah sekitar 30 detik berlalu sejak anda mulai membaca artikel ini dari awal, dari paragraf pertama sampai ke paragraf 6, anda sudah bernafas secara otomatis tanpa diperintah oleh siapapun, menikmati oksigen yang ada tanpa pernah anda membayar sepersen pun rupiah kepada Tuhan. Tapi coba anda bayangkan jikalau anda disuruh membayar oksigen yang anda hirup kepada Tuhan, berapa biaya yang akan dikeluarkan oleh anda setiap ha..? mungkin anda akan menyerahkan seluruh harta benda anda, demi anda bisa bernafas dengan baik dan menghirup oksigen untuk bertahan hidup.

Source: pixabay.com
Pohon 20% dan Plankton (Fitoplankton) 80%
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pohon memberikan suplai oksigen kepada manusia untuk bisa menikmati oksigen segar setiap harinya. Pohon menyumbangkan sekitar 20% oksigen kepada bumi, pohon menghirup (mitigasi) karbon dioksida yang ada dialam sebagai bahan bakar untuk bisa menghasilkan oksigen segar yang tersebut.

Tahukah anda bahwa ternyata pohon dapat memproduksi oksigen kira-kira 1,2 kg perharinya. Setiap orang memerlukan oksigen kurang lebih 0,5 kg perharinya, so, 1 (satu) pohon berarti mampu menunjang kehidupan 2 (dua) orang manusia dan sadarkah anda bahwa ketika anda menebang pohon yang berada disekitar lingkungan rumah anda, hutan, taman kota dimanapun letak pohon tersebut berarti anda telah menghilangkan persedian oksigen untuk 2 orang sekaligus, dan itu dapat diartikan anda telah membunuh dua orang sekaligus. Sungguh ternyata pohon sangat berarti untuk kehidupan manusia.

Sejauh ini, plankton(fitoplankton) ternyata memberikan suplai penghasil oksigen dibumi yang tidak sedikit jumlahnya. Plankton menyumbangkan kurang lebih 80% oksigen dibumi ini. Mungkin asumsi kita soal manfaat tentang plankton tidak pernah terlintas sedikitpun bahwa plankton ternyata bisa menghasilkan oksigen untuk kita. Plankton memberikan oksigen segar kepada kita. Kok bisa plankton memproduksi oksigen, bukankah plankton hanya dikenal sebagai sumber makanan untuk beberapa ikan yang ada dilautan...?


Plankton adalah organisme yang hidup diatas permukaan air (perairan) bagian atas yang biasa disebut dengan zona pelagik yang biasanya berada di samudera, lautan, danau, dan berbagai macam air tawar. Plankton ini berukuran sangat kecil, dan mungkin tidak bisa dilihat langsung oleh mata. Plankton, sama halnya dengan pepohonan, sangat memerlukan sinar matahari untuk bisa berfotositesa, oleh sebab itulah plankton (fitoplankton) berada diatas permukaan-permukaan air. Dari proses fotosintesis inilah plankton (fitoplankton) menghasilkan banyak oksigen yang kemudian menimbulkan gelembung-gelembung kecil dipermukaan yang pada akhirnya terlepas bersamaan dengan udara. 

Maka, dari uraian tersebut sudah bisa kita dapatkan bahwa dua jenis makluk hidup tersbut sangatlah penting artinya untuk keberlangsungan eksositem dibumi dan keberlangsungan kehidupan manusia dan semua makhluk hidup yang ada. Pohon selain sebagai bermanfaat untuk menangkal banjir, erosi, penyedia dan penyimpan cadangan air dan sebagai penghasil oksigen, pun dengan plankton, mikro organisme yang sangat kecil ini, selain sebagai paramater kebersihan air, plakton juga dikenal sebagai penghasil oksigen terbesar untuk bumi. So, mulai saat ini sadarlah, bahwa menjaga air agar tidak tercemar adalah bukti bahwa kita menjaga dan merawat pabrik oksigen yang hidup dipermukaan ini. Dan sadarlah, ketika anda merawat pohon dengan baik, tidak menebang pohon, anda berati telah membunuh 2 orang manusia secara tidak langsung. Karena pohon bisa memberikan oksigen untuk 2 orang sekaligus.   

No comments